KILANG KARET SINTETIS (TDAE) TERBESAR DI ASIA DIBANGUN DI BATAM, RAMPUNG AKHIR 2017

PT Enerco RPO International kini sedang membangun Kilang TDAE (Treated Distillate Aromatic Extract). TDAE merupakan produk turunan hasil pengolahan minyak mentah yang dimanfaatkan bahan baku utama industri ban dan karet sintetis. Proyek yang sedang dalam tahapan konstruksi fondasi ini bernilai total US$ 98 juta atau Rp 1,3 triliun.

Kilang ini berlokasi di Kawasan lndustri Terpadu Kabil yang dikelola PT Kabil Citranusa (KCN), Kabil, Batam di atas lahan seluas 2,3 hektar dan setelah rampung pada akhir 2017 akan memiliki kapasitas produksi lebih dari 100.000 ton TDAE per tahun – sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia dan terbesar di kawasan Asia.

Treated Distillate Aromatic Extract (TDAE) adalah Minyak Karet Hijau Olahan yang ramah lingkungan, memiliki kandungan aromatik tinggi, tidak beracun, non-karsinogenik (memenuhi persyaratan kesehatan) yang dapat digunakan sebagai pengganti ada minyak aromatik yang telah ada. Viskositasnya yang tinggi memungkinkan TDAE digunakan dalam produksi ban berstandar internasional (High Performance Tyre).

Dalam cakupan luas, TDAE dapat digunakan untuk formulasi tinta industri, produsen isolasi, pabrik otomobil, pembuatan ban bermutu tinggi, produk-produk manufaktur karet, sepatu, lantai, kabel dan industri penunjang lainnya.

Secara geografis, lokasi kilang diklaim strategis yang mana terdapat armada tanker langsung dari Batam ke wilayah Indonesia lainnya dan negara tujuan ekspor di Singapura, China, Korea, Jepang dan India.

Sementara itu, sistem logistik juga dipersiapkan untuk mendukung kelancaran distribusi produk TDAE dalam rangka memenuhi kebutuhan industri ban dan karet sintetis di dalam maupun di luar negeri. PT Enerco RPO lnternasional juga telah bekerjasama dengan ExxonMobil untuk pasokan bahan baku dari kilang mereka yang berlokasi di Singapura.

Pemilihan lokasi di Batam ini juga didorong oleh adanya kebijakan Pemerintah Rl tentang sistem bebas perpajakan yang berlaku di Batam, dan adanya kebijakan dari BP Batam dan Pemerintah daerah setempat yang memberi banyak kemudahan untuk proses perijinan usaha dan pembangunan kilang.

Selain itu, Batam dianggap area yang tepat karena faktor tersedianya lahan dan infrastruktur yang memadai di dalam Kawasan lndustrl Terpadu Kabil. Semua faktor ini, diharapkan akan membuat produk TDAE dari Enerco mampu bersaing di pasar global.

(Various Resources)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s