Menara Pisa: Sebuah Kesalahan Dalam Desain Konstruksi

Menara Miring Pisa atau Menara Pisa (Torre di Pisa) sebetulnya adalah sebuah menara lonceng dari sebuah Gereja di kota Pisa. Tinggi menara lonceng ini sekitar 56 m. Usianya sekitar 8 abad. Nah, sebenarnya menara Pisa adalah bukti dari desain konstruksi yang ceroboh. Jika tidak ada bantuan, maka sejak lama menara ini roboh, bahkan mungkin puing-puingnya tidak lagi tersisa sampai hari ini. Namun, kemiringan (karena kesalahan desain) tersebut justru membawa berkah, bagaimana bisa?

Menara Pisa awalnya didesain tegak, sebagaimana halnya dengan bangunan lain pada umumnya. Untuk membangun menara perlu waktu 177 tahun dan terjadi dalam tiga tahap. Pekerjaan lantai dasar dimulai pada tahun 1173, waktu itu adalah masa kemakmuran dan masa jayanya militer. Jadi orang mulai membangun. Lima tahun kemudian di tahun 1178, saat konstruksi mulai berkembang ke lantai dua, menara ini mulai tenggelam. Hal ini disebabkan oleh desain yang cacat sejak awal. Karena fondasi yang kedalamannya hanya tiga meter dan kondisi tanah tidak stabil, maka menara mulai tenggelam dan miring. Konstruksi kemudian dihentikan selama hampir satu abad, karena Republik Pisa hampir terus terlibat dalam pertempuran dengan Genoa, Lucca dan Florence.

Pada 1272 pembangunan kembali dilaksanakan di bawah komando dari Giovanni di Simone, arsitek dari Camposanto. Dalam upaya untuk mengkompensasi kemiringan, para insinyur membangun upper floors dengan satu sisi yang satu lebih tinggi daripada yang lain. Karena itu, menara ini sebenarnya melengkung. Konstruksi dihentikan lagi pada 1284, ketika pasukan Pisa dikalahkan oleh pasukan Genoa dalam Pertempuran Meloria.

35 tahun kemudian, di tahun 1319, lantai ketujuh selesai dikerjakan oleh Tommaso di Andrea Pisano, yang berhasil menggabungkan elemen Gothic dari ruangan lonceng dengan gaya Roma menara. Ada tujuh bel, satu untuk setiap not musik utama.

Pada tanggal 27 Pebruari 1964, Pemerintah Italia meminta bantuan dalam mencegah menara dari kejatuhan. Saat itu, bagaimanapun, dianggap penting untuk mempertahankan kemiringan yang telah terjadi, karena telah terbukti menarik minat pengunjung dan sangat membantu mempromosikan industri pariwisata Pisa.

Kemudian, suatu tim gabungan para insinyur, ahli matematika dan sejarawan berkumpul di pulau Azores untuk membahas metode stabilisasi.

Pada tanggal 7 Januari 1990, setelah lebih dari dua dekade penelitian stabilisasi, menara ini tertutup untuk umum. Lonceng telah dihapus untuk mengurangi berat badan, dan kabel dipasangkan untuk menopang menara. Saat itu apartemen dan rumah di jalan menara dikosongkan demi keselamatan umum. Solusi terakhir untuk mencegah jatuhnya menara adalah untuk sedikit meluruskan menara ke sudut yang lebih aman.

Selain pekerjaan untuk memperkuat struktur, dilakukan juga pekerjaan pemulihan fisik menara dalam rangka untuk memperbaiki kerusakan visual, terutama korosi dan penghitaman. Ini terutama disebabkan oleh karena usia menara dan eksposur terhadap angin dan hujan. Setelah satu dekade rekonstruksi korektif dan upaya stabilisasi, menara ini dibuka untuk umum pada tanggal 15 Desember 2001, dan telah dianggap stabil setidaknya selama 300 tahun.

Diceritakan bahwa Galileo Galilei pernah menjatuhkan 2 peluru meriam dengan berat yang berbeda dari menara untuk kepentingan percobaan fisika. Namun, hal ini dianggap sebagai kisah apokrif (diragukan kebenarannya). Selama Perang Dunia II, pihak Sekutu menemukan bahwa Jerman menggunakan menara sebagai pos pengamatan.

Hingga kini Menara Pisa menjadi ikon negara Italia. Banyak orang berkunjung, sebetulnya penasaran dengan kemiringannya. Bahkan bagi mereka yang belum mengetahui keseluruhan cerita pembangunannya menganggap bahwa ada kekuatan gaib yang menopangnya sehingga tetap berdiri selama lebih dari 8 abad. Oh ya, baru ingat, bahkan huruf miringpun disebut Italic karena Pisa-menara yang menjadi bukti sebuah kegagalan desain konstruksi. (kvs)

Sumber inspirasi & data : Wikipedia, Sumber gambar: Flickr

Advertisements

One response to “Menara Pisa: Sebuah Kesalahan Dalam Desain Konstruksi

  1. Foto-fotonya keren banget Gan….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s