PU Bangun 6 Blok Rumah Susun di Batam

Kementerian Pekerjaan Umum membangun enam blok kembar rumah susun di Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada 2011 senilai lebih dari Rp72 miliar. “Tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum membangun enam blok kembar rumah susun baru, masing-masing blok diperkirakan menelan biaya Rp12 miliar,” kata Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Kota Batam, Gintoyono Batong di Batam, Rabu.

Menurut Gintoyono, setiap blok kembar rusun mampu menampung 90 Kepala Keluarga (KK), dengan kata lain kalau ke enam bisa dibangun, mampu menampung 540 KK.

Pemerintah kota bekerja sama dengan Badan Pengusahaan Batam bertugas menyiapkan lahan untuk proyek yang dikerjakan Kementerian. Gintoyono mengatakan, saat ini sudah ada dua hektare lahan di kawasan Tanjunguncang yang siap bangun. “Untuk pembangunan dua lainnya kita segera siapkan lahan,” ujarnya.

Selain menyiapkan lahan, Pemkot Batam juga berkewajiban menanggung fasilitas seperti air dan listrik dengan anggaran Rp1,7 miliar tiap blok kembar. Kementerian PU sedang melakukan proses lelang menentukan siapa yang akan melakukan pembangunan dan hingga saat ini Batam memiliki 47 rusun yang tersebar di seluruh wilayah Batam.

Pemerintah Kota Batam memperkirakan dibutuhkan setidaknya 761 rusun untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi para pekerja dan warga yang saat ini tinggal di rumah-rumah tidak berizin. “Setiap tahun kami akan membangun empat sampai enam rusun, sesuai anggaran,” kata Gintoyono. (Robert Kusumaputra, kompas.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s